Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

DUNIA ADALAH RENDAH

Sajadah Muslim ~ Rasulullah saw bersabda : “Dunia adalah terlaknat dan terlaknat pula apa yang ada di dalamnya kecuali zikir kepada Allah, perkara-perkara yang membantu zikir kepada Allah dan orang yang berilmu serta orang yang mempelajari ilmu.” (HR. at-Tirmidzi no. 2244 dari sahabat Abu Hurairah ra).

Dunia adalah kehidupan yang kita hidup di dalamnya saat ini. Mengapa disebut dengan dunia ? Karena kata dunia dalam bahasa arab artinya adalah rendah yaitu rendah dan tidak ada apa-apanya apabila dibandingkan dengan akhirat. Seorang yang cermat apabila membaca dan merenungkan ayat-ayat Allah di dalam Al Quran niscaya dia akan mengetahui betapa rendahnya nilai kehidupan dunia dibandingkan akhirat sebagaimana disebutkan dalam beberapa ayat berikut, Allah swt berfirman : “Dijadikan indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa para wanita, anak-anak, harta benda yang banyak dalam bentuk emas dan perak, kuda-kuda pilihan, hewan ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik. Katakanlah, “Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu ?” Bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) di sisi Rabb mereka surge-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan pasangan-pasangan yang suci serta ridha Allah.” (QS. Ali Imran : 14-15)


Allah swt berfirman : “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Ali Imran : 185). Allah swt berfirman pula : “Dan kehidupan dunia ini hanyalah senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (QS. Al Ankabut : 64) demikian pula Rasulullah saw di dalam hadits-haditsnya menyifati kehidupan dunia dengan berbagai celaan dan ungkapan kerendahan.

Penjelasan Hadits
Dalam hadits di atas Rasulullah saw mengatakan, “Dunia adalah terlaknat” maknanya adalah dunia dibenci oleh Allah swt karena akan menjauhkan seorang hamba dari peribadatan kepada Rabbnya. Adapun makna kalimat “Terlaknat pula apa yang ada di dalamnya” adalah segala perkara yang menyibukkan dari Allah swt. Maka dunia dan seisinya adalah terlaknat kecuali 4 perkara :
  1. Zikir kepada Allah swt.
  2. Perkara-perkara yang membantu untuk zikir kepada Allah swt, maksudnya adalah perkara-perkara yang dicintai oleh Allah swt yang berupa amalan-amalan kebaikan dan perbuatan-perbuatan yang akan mendekatkan kepada Allah swt.
  3. Orang yang berilmu, yang dengan ilmunya tersebut seorang hamba akan mengenal Allah swt.
  4. Orang yang menuntut ilmu agar bisa menjadi orang yang berilmu dan mengenal Allah swt
Apabila kita memperhatikan hadits-hadits Rasulullah saw yang lainnya maka kita pun akan mendapati bahwasanya dunia adalah hina, rendah dan tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan akhirat sebagaimana berikut ini :
  1. Nilai dunia adalah sangat rendah di sisi Allah swt bahkan tidak sampai melebihi 1 sayap nyamuk. Rasulullah saw bersabda : “Seandainya nilai dunia di sisi Allah setara dengan 1 sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum kepada orang kafir 1 teguk airpun.” (HR. at-Tirmidzi no. 2242)
  2. Perbandingan dunia dengan akhirat adalah ibarat air yang masih menempel di jari telunjuk setelah sebelumnya dicelupkan ke dalam lautan yang luas. Rasulullah saw bersabda : “Tidaklah dunia apabila dibandingkan dengan akhirat melainkan seperti salah seorang diantara kalian mencelupkan jarinya ini (salah seorang perawi yaitu Yahya mengisyaratkan dengan jari telunjuknya) ke dalam laut, maka lihatlah kepada air yang masih menempel di jari.” (HR. Muslim no. 5101)
  3. Nilai dunia lebih hina di sisi Allah swt dibandingkan dengan bangkai seekor anak kambing yang cacat yaitu tidak memiliki 2 telinga. Suatu ketika Rasulullah saw masuk ke dalam pasar dengan diiringi oleh para sahabat. Tiba-tiba mereka melihat seonggok bangkai anak kambing yang cacat yaitu tidak punya 2 telinga. Kemudian Rasulullah saw mengatakan kepada para sahabat, “Siapakah diantara kalian yang mau membeli bangkai ini seharga 1 dirham?” Maka para sahabat menjawab, “Kami tidak mau membelinya berapapun harganya, dan apa yang bisa kita manfaatkan?” Rasulullah saw mengatakan, “Apakah kalian mau bangkai ini milik kalian?” Para sahabat berkata, “Tidak mau.” Rasulullah saw mengulang ucapaan ini sebanyak 3 kali. Para sahabat berkata, “Tidak demi Allah, kalau seandainya anak kambing tersebut hidup itupun cacat yaitu tidak punya 2 telinga. Maka bagaimana kalau sudah menjadi bangkai?” Rasulullah saw bersabda, “Maka demi Allah, sesungguhnya dunia lebih hina di sisi Allah atas kalian dari pada bangkai ini.” (HR. Muslim no. 5257)
  4. Tempat cambuk di surga adalah lebih baik dari pada dunia dan seisinya. Rasulullah saw bersabda : “Dan tempat cambuk salah seorang diantara kalian dari surga adalah lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (HR. Al Bukhari no. 2678)
  5. Keadaan miskin adalah lebih baik bila dibandingkan dengan kenikmatan dunia. Rasulullah saw bersabda : “Maka demi Allah, bukanlah kemiskinan yang aku khawatirkan saat menimpa kalian, akan tetapi yang aku khawatirkan adalah dibukakannya dunia kepada kalian sebagaimana dunia telah dibukakan kepada orang-orang sebelum kalian.” (HR. Al Bukhari no. 3712 dan Muslim no. 5261)
  6. Kesengsaraan dunia bagi ahli surge adalah lebih baik dibandingkan kenikmatan dunia bagi ahli neraka. Rasulullah saw bersabda : “Pada hari kiamat nanti akan didatangkan seorang ahli dunia yang telah mendapatkan kenikmatan dunia dari kalangan penduduk neraka kemudian dia dicelupkan ke dalam neraka dengan satu celupan, dan dikatakan kepadanya, “Wahai anak Adam, apakah engkau pernah melihat sedikit kebaikan? Apakah engkau pernah merasakan sedikit kenikmatan?” Maka dia menjawab, “Tidak, demi Allah, Wahai Rabbku”. Dan didatangkan seorang yang keadaannya paling sengsara ketika hidup di dunia dari kalangan penduduk surga kemudian dia dicelupkan ke dalam surge dengan satu celupan, dan dikatakan kepadanya, “Wahai anak Adam, apakah engkau pernah melihat sedikit kesengsaraan? Apakah engkau pernah merasakan sedikit penderitaan?” Maka dia menjawab, “Tidak, demi Allah, wahai Rabbku, aku tidak melihat kesengsaraan sedikitpun.” (HR. Muslim no. 5021)
  7. Dunia adalah ibarat penjara bagi orang yang beriman dan surga bagi orang kafir. Rasulullah saw bersabda : “Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim 5256)
  8. Hamba-hamba dunia adalah golongan manusia yang celaka. Rasulullah saw bersabda : “Celakalah hamba dinar, dirham, sutera dan pakaian. Jika diberi (karunia dunia) ridha dan jika tidak diberi tidak ridha (kepada Allah)” (HR. Bukhari no. 5955)

Zuhud Dalam Kehidupan Dunia

Setelah mengetahui betapa hina dan rendahnya dunia, maka bagaimana diri kita menyikapi kehidupan dunia ini ? Tentunya agar kita tidak keliru di dalam menyikapinya, hendaklah kita melihat kepada bimbingan Rasulullah saw. Rasulullah saw bersabda : “Zuhudlah engkau di dunia niscaya Allah akan mencintaimu dan zuhudlah engkau terhadap apa-apa yang ada di tangan manusia niscaya manusia akan mencintaimu.” (HR. Ibnu Majah no. 4092)

Dalam hadits ini Rasulullah saw memerintahkan kepada kita untuk bersikap zuhud terhadap dunia. Apa itu zuhud ? Apakah meninggalkan dunia secara total termasuk sikap zuhud ? Zuhud adalah meninggalkan perkara-perkara dunia yang tidak memberikan kemanfaatan di akhirat kelak. Maka dari sini dapat kita pahami bahwa segala perkara dunia yang tidak memberikan kemanfaatan di akhirat kelak apalagi yang membahayakan maka hendaklah kita tinggalkan, adapun perkara dunia yang memberikan kemanfaatan di akhirat kelak maka kita ambil.

Lebih dari itu orang yang bersikap zuhud terhadap dunia, akan mendapatkan keutamaan berupa kecintaan Allah swt, demikian pula bersikap zuhud terhadap apa yang ada di tangan manusia dari perkara dunia maka manusiapun akan mencintainya.

Oleh Ustadz Abu Abdirrahman Muhammad Rifqi Hafizhahullah
Labels: Pendidikan Islam

Thanks for reading DUNIA ADALAH RENDAH. Please share...!

0 Comment for "DUNIA ADALAH RENDAH"

Back To Top