Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Khutbah Jumat : Meraih Kemenangan Dengan Shalat

Sajadah Muslim ~ Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.  

Sebagai Hamba Allat Swt marilah senantiasa kita mengucapkan rasa syukur kita hanya kepada Allah Swt, karena hanya dengan izin dan  kuasa-Nyalah kita bisa berkumpul di Jum'at yang mulia ini.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi dan Rasul kita Muhammad saw. Beliau yang telah menunjukkan jalan kemenangan bagi kita supaya kita bisa selamat dalam hidup di dunia dan akhirat kelak.

Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.
 
Salah satu jalan kemenangan yang ditunjukkan oleh Rasulullah kepada kita adalah dengan mengerjakan shalat secara benar.

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba Allah pada hari kiamat adalah shalatnya, jika baik shalatnya, maka sungguh ia menang dan beruntung dan jika rusak shalatnya maka dia sungguh merugi dan kalah, kemudian jika terdapat kekurangan dari amalam shalat fardhunya Allah Azza wa Jalla berfirman: Periksalah apakah pada hambaku  terdapat amalan shalat tathawwu'nya, maka ia (amalan shalat  tathawwu) menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada shalat fardhunya, kemudian sempurnalah seluruh amalannya atas yang demikian itu.” (HR. Tirmidzi)

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini marilah kita melihat bagaimana shalat kita, apakah sudah dalam kategori baik dan benar? Baik dan benar dalam shalat bisa ditinjau dari apakah shalat itu sudah sesuai dengan Sunnah Nabi Saw, karena sungguh  merugi jika  seseorang shalat kemudian di hari perhitungan nanti ternyata shalatnya tidak diterima, hanya karena shalat yang biasa dan telah ia kerjakan tidak sesuai yang Nabi Muhammad saw tuntunkan. 
  
Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.

Ukuran shalat yang baik dan benar bisa pula dilihat dari apakah sudah kita usahakan tepat waktu, atau malah kita termasuk Muslim yang sengaja berani meninggalkan shalat tanpa ada sebab Syar'i ?

Yang tidak kalah pentingnya, shalat yang benar juga harus membawa pengaruh dalam kehidupannya. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam surat Al-Ankabuut ayat 45 sebagai berikut:

“Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar”.
 
Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.
 
Sungguh sangat disayangkan ketika kita sudah melaksanakan shalat akan tetapi kita masih gemar bermaksiat dalam keseharian kita. Mengapa hal ini terjadi? Apa yang salah? Ada beberapa  jawaban dari pertanyaan ini.  Jawaban yang paling  dasar adalah  bahwa ketika orang sudah melaksanakan shalat tetapi masih gemar bermaksiat adalah karena bisa jadi shalatnya sebatas untuk menggugurkan kewajiban saja. Tidak merenungi makna dari takbirnya, bacaan iftitahnya, Al-Fatihahnya dan gerakan serta doa-doanya.

Orang yang shalat sebagaimana diterangkan surat Al-Ankabut ayat 45 diatas sejatinya sudah terlindung dari maksiat dan kemunkaran. Artinya sebagai mukmin yang sudah shalat tidak pantas berbuat maksiat atau kemungkaran, sebab shalat adalah perisai dari maksiat dan perlindungan dari berbuat kemungkaran.

Ketika sudah shalat tetapi masih saja berbuat maksiat dan kemunkaran, maka pada saat itu juga shalat sebagai pelindung anti maksiat telah ditinggalkan.
   
Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.

Dalam Hadits diatas ditegaskan pula tentang pentingnya senantiasa rajin dan gemar melaksanakan shalat sunnah, sebab dengan segala kemuliaan dan kemurahan Allah Swt shalat sunnah adalah amalan yang dapat menyempurnakan dan menutupi kekurangan-kekurangan dari amalan shalat fardhu. Maka jangan sampai kita bermalas-malasan dan enggan melaksanakan shalat-shalat sunnah.

KHUTBAH KEDUA

Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Swt.
 
Sebagaimana dalam hadits yang sudah disampaikan sebelumnya dapat kita pahami bahwa amalan shalat menjadi barometer amal dari segala amal-amal kita. Amalan shalat menjadi patokan dari semua amalan kita yang lainnya.

Oleh sebab itu, demi meraih keberuntungan dan kemenangan hari akhir, mari kita perbaiki dan kita mantapkan kembali amalan shalat fardhu kita, yakni dimulai dari melaksanakan shalat yang tata caranya sesuai dengan tuntunan sunnah al-Maqbulah.

Marilah kita usahakan agar shalat yang kita kerjakan tidak sebatas ritual untuk menggugurkan kewajiban saja, tetapi shalat yang sepatutnya menjauhkan kita dari maksiat dan kemunkaran.

Baca Doa Penutup Khutbah Ju’mat.

Sumber : Majalah Suara Muhammadiyah
 
Labels: Kumpulan Khutbah Jumat

Thanks for reading Khutbah Jumat : Meraih Kemenangan Dengan Shalat. Please share...!

0 Comment for "Khutbah Jumat : Meraih Kemenangan Dengan Shalat"

Back To Top