Membahas Tentang Seputar Ilmu Agama Islam

Bolehkan Wanita Bersiwak ?

Sajadah Muslim ~ Pertanyaan ini adalah Apakah wanita juga dianjurkan untuk bersiwak ?

Siwak adalah nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Atau jika ditinjau dari perbuatannya, siwak adalah menggosok atau membersihkan gigi dengan kayu atau sejenisnya untuk menghilangkan kuning dan kotoran gigi, dan juga untuk membersihkan mulut.


Jawabannya ialah :

Pada hakekatnya wanita itu mempunyai satu kelebihan dalam masalah kebersihan, sesuai dengan fitrah dan kondisinya. Kebersihan yang  paling  utama setelah bersuci dan mandi adalah siwak.

Pada zaman Nabi saw dahan pohon arak atau zaitun digunakan sebagai siwak yang sekarang kedudukannya sudah diganti dengan sikat gigi.

Ada sebuah hadits yang bersumber dari ‘Aisyah ra bahwa ia berkata : "Rasulullah saw pernah memberikan siwak kepadaku agar aku bersiwak, lalu siwak itu terlebih dahulu kugunakan setelah itu kucukupi dan kuberikan kepada beliau". (HR. Abu Daud)

Begitulah yang dilakukan oleh Nabi terhadap dirinya dan istri tentang bersiwak. Padahal 'mulut  beliau itu paling suci’ dan bersih sejak pertama kali diciptakan hingga meninggalnya.

Oleh Ustadz Labib Mz
 
Labels: Wanita Muslimah

Thanks for reading Bolehkan Wanita Bersiwak ?. Please share...!

0 Comment for "Bolehkan Wanita Bersiwak ?"

Back To Top